Thursday, March 28, 2013

Aplikasi Pendeteksi Kerusakan RAM


-  Alat/Bahan yang Di Gunkan
          1. CD/DVD Room
          2. CD Blank/Kosong
          3.Aplikasi MEMTEST 86+
          4.Aplikasi Nero Untuk Burning Ke CD

- Langkah-Langkah Installasi/Pengoprasian MEMTEST86 +
1.       Unduh versi terakhir “Precompiled Boot ISO (.zip)” dari link ini: http://memtest.org/#downiso
2.       Software ini formatnya zip, anda extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO.
3.       Buka aplikasi Nero Startsmart 8 karena nero yang saya gunakan adalah nero 8,kemudian pilih menu Rip and Burn yang terletak di atas,dan pilih Burn Data Disc.

4.       Setelah itu klik menu Image,Project,Copy,dan pilih Disc Image or Saved Project bawah sendiri.
5.       Kemudian muncul menu pilihan file  apa yang akan di burn.Dan langsung saja pilih file
MEMTEST yang baru di Download tersebut.
6.       Setelah itu centang pilihanverify data on disc after burning.kemudian tinggal klik burn.
7.       Tunggu sampai proses burning selesai.Dan aplikasi siap di jalankan.
8.       Setelah Aplikasi di burning di cd,Restart komputernya dan masuk ke bios dengan menekan tombol Esc,F2,atau Del tergantung merek komputernya.Stelah di tekan tombol Esc,F2,atau Del.
9.       Masuk ke menu Boot,kemudian ganti CDROM menjadi no 1 di Boot priority.
10.   Kemudian tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan kemudiam computer merestart.Lalu CD aka langsung bootable di komputer anda dan akan muncul tampilan seperti berikut:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSrZE-9xuT88OaK84VRr6fxbHvjUDrdODkrCnY5rC1JJsnPRuwnMFsOaf-Uy-VzPWVpyMpvgAX7r3V4qzOCO1JV5-NV9_g7LFkYOXz1G8aYsB5hMAdU8D2q9D-YLPSWV9OU5OhZlCbI8s/s400/ram+ok.JPG




11.   Biarkan proses berjalan sampai paling tidak melewati 7 fase selesai, atau kesalahan yang ditemukan (mana yang terjadi terlebih dahulu). Semakin lama proses ini berjalan semakin baik karena berarti tidak ada kerusakan.
12.  


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf1BJnUUjV6uzhMb5kVKH_AbIQOLAHXBY6Nk-vL7j9UBhTW8g4s0fLBO4hFUQs-TjM0Ul4s2IRop_YZM1Z_kasTDT26p-AZj09HDONQf32-2WMw05aiX2iy4RbvGWFn8b0srnyjVp464I/s400/ram+rusak.JPG

Jika Ada Tampilan seperti ini,maka RAM terdapat kerusakan atau cacat

13.  


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSrZE-9xuT88OaK84VRr6fxbHvjUDrdODkrCnY5rC1JJsnPRuwnMFsOaf-Uy-VzPWVpyMpvgAX7r3V4qzOCO1JV5-NV9_g7LFkYOXz1G8aYsB5hMAdU8D2q9D-YLPSWV9OU5OhZlCbI8s/s400/ram+ok.JPG

Tetapi jika seperti tampilan Di bawah ini,Maka RAM anda tidak terdapat masalah.

            Tujuannya test ini adalah untuk menguji semua RAM dan semua slot motherboard.                              Periksa buku manual motherboard anda untuk memastikan RAM stick pada slot                                        motherboard sesuai yang direkomendasikan.

14.   Jika Anda mendapatkan error, berhenti tes dan lanjutkan dengan langkah berikutnya.

-          Jika komputer anda menggunakan lebih satu stik memori, buka memori dan sisakan satu saja RAM dari komputer Anda (tinggalkan RAM stick # 1), dan jalankan Memtest86 lagi, selama 7 fase. Jika stik memori #1 yang kita tes ini lulus, lanjutkan ke langkah 3 dibawah.
-          Jika RAM stick # 1 memiliki kesalahan, ulangi uji dengan RAM stick # 2 di slot motherboard yang sama. Jika RAM stick # 2 lolos kesalahan, ini menunjukkan bahwa tongkat RAM # 1 mungkin rusak. Jika Anda ingin benar-benar yakin, tes ulang RAM stick # 1 pada slot yang berbeda. Jika RAM stick # 2 memiliki kesalahan, ini menunjukkan RAM stik#2 rusak atau kegagalan slot motherboard slot.
-          Uji RAM (stick # 2) di slot motherboard yang lain. Amati hasilnya bagaimana. Jika ada kesalahan lagi, maka pasti RAM 2 rusak.
-          Jika Anda menemukan sebuah RAM sudah lulus tes, tes di semua slot motherboard lainnya.
Catatan: Tes ini hanya bisa anda lakukan ketika RAM belum rusak total katena jika anda menggunakan satu RAM saja dan rusak total maka komputer akan mati total dan test tidak bisa lagi jalan.

0 comments: